Sabtu, 10 Maret 2018

3 Hal yang Membuat Kulit Cepat Hitam dan Gelap

Kulit Cepat Hitam dan Gelap

3 Hal yang Membuat Kulit Cepat Hitam dan Gelap -
Warna kulit dipengaruhi oleh sebuah zat yang bernama melanin, semakin banyak produksi melanin pada kulit maka kulit akan semakin gelap. Faktor utama yang membuat produksi melanin menjadi over adalah cahaya matahari.

Nah supaya kulit kamu ga mudah gelap yuk simak artikelnya.

3 Hal yang Membuat Kulit Cepat Hitam dan Gelap


1. Paparan sinar matahari

Sinar matahari yang mengandung UV A dan UV B masih menjadi faktor yang paling utama kenapa kulit cepat hitam dan gelap, hal itu sudah umum diketahui semua orang.

Namun kenapa orang-orang tidak mempedulikannya?

Untuk mengatasi paparan sinar matahari kamu bisa menggunakan Sunblock atau memakai pakaian yang tertutup seperti memakai hijab dan pakaian lain yang dapat menutupi area kulit dari paparan sinar matahari. Lebih disarankan sih pakai pakaian tertutup atau hijab, kalau tidak bisa ya minimal pakai sunblock.

Gunakan sunblock 3 menit sebelum keluar rumah untuk memastikan kandungannya telah terserap oleh kulit, baru keluar rumah. Dan oleskan ulang sunblock setiap 2-3 jam sekali untuk hasil optimal.

Perhatian : Bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak dan berjerawat direkomendasikan untuk menggunakan sunblock yang waterproof, agar efek sunblock tidak hilang meskipun sudah berkeringat dan kulit berminyak.

2. Kurang hidrasi kulit

Kekurangan cairan cukup berpengaruh pada kesehatan kulit kita, biasanya kalau kulit tidak terhidrasi maka kulit akan mudah kusam dan nampak gelap. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya perbanyak minum air putih dan makan buah serta sayuran sehat.

Baca juga : Flek Hitam Di Wajah Susah Hilang? Coba 5 Tips Ini
Wajah terasa perih dan panas setelah pakai cream

Berada diruangan ber-AC biasanya rentan terhadap kekeringan kulit, sehingga membuat kulit mudah kusam. Meskipun kurang hidrasi kulit merupakan penyebab kulit cepat hitam dan gelap namun penyebab utama tetap pada point satu yaitu sering terpapar sinar matahari.

3. Polusi pada lingkungan

Polusi seperti asap kendaraan dan asap rokok berdampak buruk terhadap kesehatan kulit, pastikan untuk selalu mencuci wajah setelah beraktivitas. Mencuci wajah juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga meminimalisir penumpukan sel kulit mati.

Penumpukan sel kulit mati juga membuat kulit tampak lebih gelap dari biasanya, lakukanlah eksfoliasi setiap ada waktu.

Eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah. Ini berguna untuk membantu menjaga kebersihan kulit wajah, sehingga wajah tidak terlihat kusam akibat penumpukan sel kulit mati. Proses ini biasa dilakukan dengan treatment seperti facial, microdermabrasion atau chemical peels.

Disarankan bagi anda untuk menggunakan sunblock sebelum beraktivitas di luar ruangan, tidak lupa untuk selalu mencuci wajah terutama setelah aktivitas diluar ruangan, minum air putih yang cukup, istirahat cukup, serta perbanyak makan buah dan sayur.

Mari jaga kulit kita dari 3 hal yang membuat kulit cepat hitam dan gelap seperti diatas, semoga tulisan pendek ini cukup bermanfaat. Jika ada pertanyaan tuliskan dikolom komentar.

0 komentar

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, dilarang pasang link aktif dan spam